Badcock & More adalah home furnishing chain terbesar dan tertua di Amerika. Kelompok usaha yang dimiliki oleh W.S Badcock Corporation ini memiliki 338 jaringan toko di seluruh wilayah Amerika. Perusahaan yang berdiri
Salah satu mitra bisnis Badcock adalah Coleman Davis yang sudah memiliki 4 jaringan toko di wilayah
Januari 2004, W.S. Badcock Cooporation perusahaan tersebut berulang tahun ke-100. Sejak tahun 2000, Badcock & More mulai berbenah diri agar tampil lebih modern mengubah citra ‘Kuno’ serta membuat rencana pengembangan bisnis ke depan. Model kerja sama kemitraan dealer sangat sukses hingga sekarang tapi untuk tetap membuat Badcock terus tumbuh dan makin modern, Barcock harus membenahi dirinya agar tetap punya daya tarik bagi para pengusaha generasi baru dengan strategi yang mudah dimengerti para calon dealer.
Hill & Knowlton (H&K) sebuah PR agensi terkemuka di Amerika direkrut untuk membangun citra dalam rangka ulang tahun Badcock & More yang ke-100. H&K memanfaatkan momen 100 tahun untuk mengkomunikasikan keuntungan bermitra dengan Badcock & More kepada calon potensial dealer dan membantu reposisi brand di benak konsumen.
Diawal kegiatan H&K melakukan riset dengan membuat 2 kelompok FDG yaitu kelompok yang sudah menjadi dealer untuk mencari tahu kelebihan dari sistem yang selama ini dianut Badcock dan kelompok calon dealer yang masih mencari kesempatan. Grup pertama adalah kelompok yang sudah lama bekerja sama S.W. Badcock meski tidak banyak pengalaman di industri tersebut. Group kedua adalah mereka calon dealer, beberapa orang yang memiliki latar belakang bisnis industri furnitur dan yang lain adalah pelaku industri yang mengerti trend pasar.
Dari hasil riset H&K diperoleh masukan bahwa mereka harus membuat program komunikasi pengembangan Badcock dan mengubah citra Badcock menjadi lebih modern tanpa kehilangan esensi sebagai perusahaan yang kaya akan sejarah panjang dengan filosofi “Southern Company”. Pesan tersebut dibuat agar menggaung kepada konsumen dan calon potensial dealer. Untuk mengembangkan kampanye tersebut Badcock sebagai perusahaan dengan reputasi dan tingkat kepuasan konsumen tinggi akan menaikan pertumbuhan di masa datang serta memodernisasikan perusahaan. Untuk seluruh kegiatan tersebut budget yang disiapkan sebesar $120.000 per tahun.
Obyektifitas dari kampanye ini adalah meningkatkat brand recognition and awareness untuk konsep toko terbaru serta menarik minat pelaku usaha untuk menjadi Badcock dealer baru. Dan target sasar kegiatan ini adalah generasi baru yang potensial sebagai dealer termasuk pelaku bisnis industri furniture, pelaku bisnis yang mencari peluang serta konsumen umum dan pelanggan Badcock. H&K membuat messagenya yang fokus pada nilai dan sejarah perusahaan, variasi serta harga produk yang ditawarkan kepada konsumen, kisah sukses dan keunikan dari kemitraan model dealer. Spokeperson Badcock yang ditunjuk kemudian menyampaikan message ini kepada media. Bulan Januari dimana bulan ulang tahun Badcock, H&K mulai membangun pondasi dengan mengedukasi media tentang peranan Badcock dalam sejarah panjang
H&K merancang desain marketing yang unik menampilkan sejarah panjang Badcock berikut rencana pengembangan Badcock ke depan. Folder marketing kit berisi foto eksterior hitam putih dari toko pertama Badcock dan beberapa foto yang menampilkan imej baru jaringan Badcock & More serta refleksi perubahan perusahaan dalam kurun waktu 100 tahun berdiri. Sejak dirilis pertama kali H&K mendukung program jangka panjangnya untuk mencari potensial dealer dengan berbagai kegiatan public relations termasuk pendekatan ke media supaya membantu mensosialisasikan program tersebut. H&K juga meminta bantuan KADIN setempat untuk memperbolehkan Badcock mengkomunikasikan langsung kepada business leader di beberapa
Badcock merasakan hasil kesuksesan yang dicapai H&K yaitu 2 hal : penjualan dan pengembangan binis. Sejak Januari Badcock mengalami kenaikan sales dalam 2 digit dan peningkatan bisnis yang sangat mencengangkan. Dalam 1 minggu liputan media ketika perayaan Badcock Day, penjualan di
Hasil liputan perayaan Badcock yang ke-100 telah mengembalikan Badcock & More pada kejayaan masa silam dengan berbagai liputan media. Hal ini juga meningkatkan kualitas dibalik keberhasilan Badcock dalam menyampaikan pesan badcock Dulu dan Badcock Sekarang dengan citra positif. Citra itu juga yang membuat membuat Badcock memperluas jaringan usahanya hingga ke seluruh benua Amerika. Majalah Furniture Today di halaman 22 membahas tentang Badcock dan perayaan ke-100 tahunnya dan InFuniture menyebut Badcock & More sebagai “25 Brightest Retail Star”.
0 comments:
Posting Komentar