Inginkah perayaan HUT perusahaan anda sukses ? Belajarlah dari Minwax!

Minwax adalah produsen pelapis kayu ternama di Amerika. Didirikan pada tahun 1904 di Brooklyn, NY oleh Arthur B. Harrison, Minwax telah berkembang menjadi merek # 1 untuk produk stains and clear finishes di AS dan saat ini dimiliki oleh Sherwin-Williams. Dengan moto perusahaan "Minwax membuat kayu awet dan indah” ini menjadikan momen ulang tahun ke-100 di tahun 2004 sebagai momen untuk meningkatkan citra perusahaan sebagai ‘kawan baik bagi kayu’.
   
Minwax yang menguasai 85% pasar interior di Amerika ini bertekad untuk membuat sebuah kampanye yang sangat berguna bagi masyarakat banyak. Minwax yang telah mengikuti perjalanan negara itu dengan membuat interior kayu seluruh bagunan menjadi indah. Kampanye berjudul “Do good with wood” adalah sebuah upaya mempertahankan citra perusahaan. Salah satu kegiatan dalam kampanye ini dengan bekerja sama dengan Kips Bay Decorator Show House di New York yang didukung oleh desainer interior dan arsitek negeri, Minwax menyelenggarakan “Chairs for Charity”. Lima belas desainer dan selebriti terkenal terlibat dalam mendisain kursi-kursi untuk amal tersebut, diantaranya : Mario Buatta, Oscar de la Renta, Rudy Giuliani, Billy Joel, Jennifer Lopez, Regis & Philbin Joy, Norma Kamali, Rocco DiSpirito, Norm Abram, Stephens Katherine, Jamie Drake, Bromley/Caldari, Michael Strahan, Boomer Esiason dan The NY Yankees menyatakan akan terlibat untuk mendesain sendiri sebuah signature chairs. Kursi desian khusus tersebut diperkenalkan di sebuah konferensi pers pada Januari 2004 kemudian dipajang di Bloomingdale’s, Janovic Plaza dan di Decorator & Design building sebelum acara lelang oleh Kips Bay dalam sebuah malam dana. Hasil penggalangan dana untuk membantu kaum tunawisma melalui program “Furnish a future”. Program “Furnish a future” menyediakan furnitur bagi keluarga yang tidak mampu dan mendirikan rumah tinggal permanen bagi kaum tunawisma. Selama 15 tahun terakhir ini “Furnish a future” telah membantu 30.000 keluarga di Kota New York. “Furnish a future” merupakan program sumbangan furnitur pada tunawisma terbesar sepanjang sejarah Amerika dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam “a how-to workshop” menampilkan arsitek kondang Bruce Johnson. Kegiatan ini mendapat respon yang luar biasa.
   

Sebelum memutuskan untuk melakukan kegiatan tersebut, Minwax terlebih dahulu melakukan serangkaian riset kuantitatif. 

Dari hasil riset diperoleh fakta bahwa :

1. Interior designer adalah orang yang memiliki pengaruh besar terhadap keputusan yang diambil oleh konsumen.
2. Dua pertiga dari orang-orang menyatakan mereka memiliki kepercayaan yang lebih besar pada perusahaan yang peduli dengan masyarakat sekitar.
3. Delapan dari 10 konsumen bersikap lebih positif tentang perusahaan yang melakukan kegiatan CSR yang baik.

Dari hasil riset Minwax bertekad untuk menjalankan program CSR yang besar dan mulai mengamati organisasi-organisasi sosial yang cocok untuk dijadikan mitra dan penerima hasil donasi. Kips Bay Boys & Girls Club dinilai menjadi partner yang ideal.
   

Tujuan kampanye besar ini adalah meningkatkan kesadaran akan produk kreatif yang ditawarkan oleh Minwax kepada desainer interior, arsitek berpengaruh dan konsumen serta menghasilkan berbagai liputan media tentang perayaan ulang tahun Winmax ke-100 berikut program “Chairs for Charity”.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Minwax dalam perayaan HUTnya :

• Januari 2004, resepsi perayaan HUT Minwax ke-100 yang diselenggarakan di New York Historical Society di Pusat Kebudayaan Amerika Henry Luce III. Tujuh puluh lima tamu, termasuk desainer interior terkemuka, Pengurus Kips Bay dan media hadir untuk menyaksikan peluncuran “Chairs for Charity”. 

• April/Mei 2004, menjadi sponsor Kips Bay 2004 Decorator Show. Kips Bay decorator Show House adalah bangunan yang paling berpengaruh dan sangat dihormati di AS. Minwax memperoleh akses ke 200 desainer interior anggota Kips Bay dan melakukan kegiatan produk sampling. Beberapa produk Minwax dipergunakan desainer Kips Bay di seluruh ruangan. Logo Minwax ke-100 muncul di semua signage ruangan, di undangan gala dinner dan tiket masuk. Logo perusahaan sebagai sponsor dan “Chair for Charity” tampil dalam show house journal dan buku panduan disain interior. 

• Mei 2004, beberapa karya desainer “Chairs for Charity” ditampilkan di Plaza Janovic. Display dilakukan bertepatan dengan pembukaan Kips Bay Decorator Show House. 

• Oktober 2004, selama 1 minggu Minwax bekerja sama dengan Bloomingdale menampilkan kursi karya desainer. Kegiatan ini dipromosikan dalam iklan di Sunday New York Times berjudul “Sweet Charity”. Minwax dan Bloomingdale menyelenggarakan chair signing oleh selebriti dan desainer, diperkirakan 100.000 pengunjung datang selama pameran berlangsung. Regis Philbin dan Jennifer Lopez mempromosikan kursi karyanya di acara ABC TV Live bersama Regis & Kelly. Sebanyak 4,2 juta pemirsa menonton acara tersebut. Acara 3 menit di segmen gaya desain rumah dari Bloomingdale dengan host Jill Scott di kabel televisi NY1 mengundang lebih dari 1 juta penonton selama 3 hari.

• November 2004, 8 kursi “Chairs for Charity” ditampilkan selama 2 minggu di D&D Building New York dmana pelanggannya adalah masyarakat kelas atas. Lebih dari 5.000 profesional desainer mengunjungi bangunan setiap minggunya.

• November 2004, Acara lelang “Chairs for Charity”. Kursi ditawarkan dalam lelang yang diselenggarakan selama Kips Bay Annual Holiday. Perang penawaran menghasilkan $10.000 untuk kursi karya Rudy Giuliani yang menghiasi NYC skyline, total penerimaan $60.000 lebih dari dua kali lipat hasil malam dana tahun sebelumnya. Website “Chairs for Charity” yang link ke website Minwax dan Kips Bay untuk mempromosikan pelelangan, membuat 100.0000 hits per bulan ke website Minwax.

Berhasilkah Minwax ?

Tingkat kesadaran para interior designer terkenal, arsitek dan konsumen meningkat tinggi sejalan dengan kegiatan positif yang dilakukan Minwax yang juga membuat citra positif perusahaan. Sejak tahun 1904, Minwax sangat diperhitungkan oleh para arsitek dan desainer interior dan digunakan luas dalam bangunan dan rumah-rumah di seluruh Amerika. Satu abad kemudian, Minwax, menjadi produsen terkemuka untuk plitur dan poliuretan yang memiliki nilai tambah. Kreativitas pada 15 kursi karya desainer dan selebriti mampu menunjukan keungggulan produk Minwax dan mengilhami kursi “Duchess of York” di acara Woman’s Day yang menimbulkan efek luar biasa. Tahun 2005 Produk Minwax dipakai di setiap ruang Kips Bay Decorator Show House dan menjadi produk resmi di Long Island Show house. Kerja samanya dengan Kips Bay Decorator Show House dan kegiatan yang melibatkan desainer dan selebriti menjadikan positioning Minwax stains sebagai produk pilihan desainer dan selebriti. 

Liputan media pada perayaan HUT Minwax ke-100 dan program “Chairs for charity” menghasilkan pemberitaan positif. Lebih dari 60 juta media impression, merek Minwax muncul untuk pertama kalinya di majalah lifestyle seperti W, kolom Rush & Molloy di Daily News Out, kolom About di The New York Sun, ABC TV Life with Regis & Kelly dan di CN8 Your Morning. Liputan Minwax muncul di feature article Interior Design, Country Living, Old House Journal dan di majalah Forbes.  
   

Maukah perayaan HUT perusahaan anda sesukses Minwax, tidak ada salahnya kan jika belajar dari mereka ?

Selamat bekerja ….

  

0 comments: