Bagimana PR membantu mengkampanyekan manfaat Cranberry bagi kesehatan ?


Sebagai salah satu dari tiga buah asli Amerika Utara, cranberry itu adalah makanan pokok dalam kehidupan Amerika asli sebelum kehadirannya di meja Thanksgiving. Di samping menggunakan cranberry sebagai pengawet makanan dan pewarna kain, banyak suku percaya cranberry adalah obat penyembuhan yang dapat menenangkan saraf dan menarik racun dari luka panah. 


Dalam kehidupan modern seperti sekarang cranberry dapat menjadi penawar untuk "luka racun". Telah lama diketahui bahwa minum jus cranberry adalah obat untuk infeksi saluran kencing, tapi bukti-bukti baru tentang bagaimana cranberry memberikan perlindungan dari bakteri telah menyebabkan sejumlah penemuan tentang dampaknya terhadap penyakit lainnya. Selain itu, pengetahuan baru-baru ini sifat antioksidan berry's mempengaruhi pada penyakit kardiovaskuler, kerusakan saraf, infeksi virus dan bahkan beberapa jenis kanker. 

Dilengkapi dengan vitamin C, cranberry memiliki satu sifat asam yang meringankan infeksi saluran kemih oleh acidifying urin dan menciptakan lingkungan yang ramah terhadap bakteri. Para ilmuwan sekarang tahu bahwa cranberry mengandung proanthocyanidins (PAC), yang mencegah adhesi bakteri ke dinding saluran kemih. 



Menyadari akan banyak manfaat buah cranberry, Komite pemasaran cranberry Amerika Serikat (CMC) bekerja sama dengan para petani cranberry bermaksud meningkatkan konsumsi masyarakat pada cranberry segar dan produk-produk cranberry lainnya dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat cranberry bagi kesehatan. Kesulitan yang mereka rasakan adalah berhadapan dengan perusahaan Pharmaceutical yang gencar mempromosikan produknya dengan budget yang luar biasa besar. CMC yakin jika masyarakat akan lebih menyukai menggunakan cranberry dibanding obat-obat kimia, jika saja mendapat informasi sebanyak mungkin tentang manfaat cranberry tersebut.

Dari hasil survei, CMC mengidentfikasi bahwa informasi yang diberikan para ahli medis tentang manfaat cranberry kemungkinan besar akan meningkatkan konsumsi cranberry. Mereka adalah motivator terpenting bagi kampanye ini. Persoalannya bagaimana bisa mencapai influencer ini dan bagaimana memberi banyak pengetahuan tentang cranberry kepada mereka ? 9 dari 10 ahli medis menyarankan CMC untuk memberikan informasi tentang cranberry di konferensi atau pameran kesehatan, di mana mereka telah mengambil waktu dari jadwal sibuk mereka untuk fokus pada gathering semacam itu. Oleh karena itu mereka mulai terlibat dalam berbagai tradeshow dengan baik dengan memberikan informasi langsung ke pasien, memberikan berbagai informasi teknis tentang cranberry kepada ahli medis bahkan berbagai resep masak dengan bahan dasar cranberry.

Tujuan kampanye ini adalah mempromosikan manfaat cranberry sebagai alat bantu ahli medis mencegah berbagai masalah kesehatan sehingga perawatan pasien akan lebih mudah.

Dengan membawa bendera Cranberry Institute mitra CMC sebagai sebuah organisasi peneliti yang kredibel, CMC masuk ke berbagai kegiatan tradeshow seperti American Dietetic Association’s Food & Nutrition Conference & Expo (ADA, St. Louis, 22-25 Oktober 2005); American Association of Nurse Practitioners (AANP, 20-25 June 2006, Grapevine, Texas); dan American Academy of Physician Assistants (AAPA, 27 Mei-1 Juni 2006, San Francisco). Dr Marty Starr technical advisor CMC bertugas untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar cranberry di stand mereka selama tradeshow berlangsung. Promosi keikutsertaan CMC dalam tradeshow dipromosikan lewat email blast dan e-newsletter Cranberry Health News didistribusikan kepada para pengunjung yang umumnya para ahli medis. Berbagai lembaran fakta, brosur dengan informasi kesehatan berkaitan dengan Cranberry disiapkan untuk memberikan informasi sebanyak mungkin.  

Selain kegiatan tradeshow, promosi kesehatan lewat promo radio dan talkshow dilakukan selain memproduksi press kit khusus kanker, resep masakan sehat, media briefing hingga editor luncheons bersama spoke person CMC seorang ahli gizi di Birmingham dan New York.

Bagaimana hasilnya ?

Database para ahli medis berrtambah 5 kali lipat, 4500 peserta tradeshow terpengaruh untuk mengunjungi stand CMC di ADA, AANP dan AAPA hampir 2 kali lipat dari target, 100 ahli gizi menghadiri 2 presentasi Dr Starr yaitu Pendidikan Gizi bagi para ahli gizi, dan konselor diet, 2 kali lipat dari target.  

Publikasi media menghasilkan 184 artikel, 382 juta media impression dengan total publicty value sebesar US$17 juta. Editor Luncheon dihadiri oleh 14 editor di Kota Birminham dan 41 editor di Kota New York. 


Apa yang dirasakan oleh petani cranberry Amerika ?  

Suatu evaluasi independen oleh seorang ekonom pertanian dengan University of California di Davis, menemukan fakta bahwa penjualan di pasar AS naik 77% meskipun berbagai pasar ekspor yang sukses, melebihi target sebesar 50%. Dan kampanye tersebut membantu petani Amerika mendapatkan nilai tertinggi buah cranberry dalam empat tahun terakhir, naik dari US$182,78 menjadi US$211.530.000. Ini lebih dari dua kali lipat nilai tanaman dibanding lima tahun sebelumnya (US$96.211 pada tahun 2000) dan secara signifikan melebihi tujuan $ 200.000.000.

Ini adalah contoh kasus bagaimana public relations mampu membantu petani cranberry meningkatkan nilai cranberry dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Masih ragu dengan kekuatan public relations ?

Selamat bekerja!



0 comments: