(RED) Program Kemanusiaan dari Retailer Raksasa Dunia






Bagaimana keterlibatan brand-brand kelas dunia dalam membantu memerangi AIDS di benua Afika ? Adalah Bono sang penyanyi U2 dan Bobby Shriver Kepala Data untuk Hutang, AIDS dan Pedagangan Afrika yang berinisatif melibatkan sektor swasta terutama Retailer besar Amerika seperti Apple, Converse, GAP, Giorgio Armani dan Motorola dibantu oleh social media myspace.com dan jaringan televisi MTV Network media. Program tersebut bernama (RED)TM.sebuah label untuk beberapa produk retail. Program ini dinilai berhasil karena berhasil mengumpulkan dana hampir $20 juta dan meraup 1.5 milyar media tayang.


(RED)™ adalah ide sederhana yang mengubah kekuatan kolektif kita sebagai pembeli menjadi kekuatan keuangan yang membantu mereka yang terkena dampak HIV di Afrika. Hingga saat ini (RED)TM telah membantu menyalurkan $140 juta dan 4 juta orang telah dibantu melalui Global Fund Program. Ketika Anda memilih untuk membeli produk berlabel (RED)TM dari perusahaan mitra anda harus tahu bahwa 50% dari hasil labanya telah membantu penanggulangan AIDS di Afrika.

Bono dan Bobby Shriver sang pencetus ide berusaha untuk mengidentifikasi cara untuk melibatkan sektor swasta dengan memanfaatkan masyarakat dalam upaya untuk memberantas AIDS tersebut. Kegiatan ini adalah program amal yang berkelanjutan, sebuah ide sederhana - yang dimaksudkan untuk membangun sebuah model bisnis yang insentif bagi perusahaan untuk investasi jangka panjang dan membangun merek yang membuat konsumen bergairah, memungkinkan mereka untuk membuat perbedaan tanpa mengubah perilaku mereka.

Keunikan program ini dengan memanfaatkan dari kekuatan dari ikon dunia, (RED)TM diluncurkan di AS pada 13 Oktober 2006 bekerja sama dengan Gap, Motorola, Converse,
Giorgio Armani dan Apple. Setiap merek yang terlibat komit melakukannya selama lima tahun dan menggunakan label REDTM menjadi bagian dari kegiatan komersialmereka meliputi peluncuran produk, ritel, pemasaran dan aktifitas online. Dan masing-masing memberikan kontribusi yang signifikan dengan menyisihkan sebagian keuntungan penjualan label (RED)TM ke Global Fund Finance AIDS program yang khusus pada penanganan kaum perempuan dan anak-anak yang terkena dampak AIDS. Bono mengingatkan bahwa warna merah dari (RED)TM menyimbolkan warna darurat dan revolusi, dan konsumen menyambutnya dengan meningkatkan pilihan mereka dan melakukan “Do the (RED)TM things”.

Sebelumnya (RED)TM brand team bermitra dengan OTX (Online Pengujian Exchange) untuk melihat bagaimana dampaknya pada para mitra. OTX melakukan survei online dari 9-12 Oktober 2006 untuk memberikan tingkat benchmark, yang hampir tidak ada. Setelah tiga bulan produk berlabel (RED)TM di pasar AS, survei dilakukan kembali pada tanggal 12-17 Januari 2007. Sebelum (RED)TM resmi diluncurkan di Amerika Serikat, diciptakan berbagai acara bergengsi untuk menciptakan word-of-mouth buzz hingga berdampak pada peluncuran yang gegap gempita. Pada acara MTV Video Music Awards 2006 yang disiarkan pada 29 Agustus 2006 – Pemenang Grammy kelompok hip-hop The Roots menyelenggarakan acara private party sebelum malam awarding di New York City. Pada acara tersebut kepada para undangan tersebut (RED)TM diperkenalkan melalui berbagai ornamen dekorasi hingga T-shirt panitia.


Dukungan yang mengejutkan
(RED)TM diluncurkan di Amerika Serikat melalui serangkaian acara bergengsi terutama dalam kegiatan media relations yang berdampak tinggi, tidak kurang dari media nasional dan regional meliput peluncuran outlet (RED)TM baik media cetak, televisi maupun media online. Peluncuran (RED)TM menjadi berita utama di berbagai media utama seperti USA Today, CNN dan The New York Times dan telah menembus jantung Amerika. Salah satu episode The Oprah Winfrey Show pada tanggal 12 Oktober 2006 didedikasikan untuk peluncuran tersebut, termasuk menampilkan profil Bono serta meliput habis-habisan Michigan Avenue sebagai arena belanja (RED)TM . Bahkan di tengah-tengah show muncul berbagai kejutan dengan kehadiran para selebriti tamu yang bertatap langsung dengan para pendukung (RED)TM, termasuk Penelope Cruz, Christy Turlington, dan Kanye West. The Oprah Show ini juga menampilkan cuplikan perjalanan Bono dan Bobby Shriver ke Afrika dengan memgenakan T-shirt (RED)TM. Situs New York Media Blitz pada 13 Oktober 2006 menampilkan Bobby Shriver dan Bono yang sedang bepergian ke New York untuk serangkaian wawancara yang disiarkan di seluruh dunia pada hari peluncuran termasuk di NBC Nightly News dengan Brian Williams, Fox News Live, CNN Your World Today dengan Larry King Live.
Setelah peluncuran awal (RED)TM, eksposur berbagai media terus mendorong kesadaran konsumen pada produk berlabel (RED)TM . Berbagai media sibuk dengan berbagai berita (RED)TM seperti CNBC, The Today Show, Good Morning Amerika, The Daily Show dengan Jon Stewart, The Rachel Ray Show, Martha, dan E!. AOL.com menjaring hingga 6,3 juta netter.

Demam (RED)TM Friday telah mengubah kebiasaan hari belanja di hari Jumat dari “Black Friday” ke (RED)TM Friday . Para pembawa berita dan pembawa ramalan cuaca mengenakan Ancho(RED) dan Weathe(RED) T-shirt hingga menimbulkan wabah di seluruh negeri.

Channel VH1 selama 24 jam menampilkan logo (RED)TM dan www.joinred.com di kanan bawah layar VH1 hingga mendorong pemirsanya untuk mengunjungi situs www.VH1.com juga termasuk (RED) online. Situs The MySpace.com menampilkan logo (RED)TM dan video pernyataan sikap (RED)TM menjadi video of the day. Di Situs YouTube.com video penyataan sikap (RED)TM mendapat kunjungan hampir 300.000 viewers.

The Dixie Chicks grup vokal perempuan terkenal dari Amerika mendukung kampanye (RED)TM, selama mereka melakukan tur di Amerika tahun 2006 menayangkan iklan penyataan sikap (RED)TM sepanjang 90 detik sebelum konsernya dimulai di Los Angeles, Las Vegas, Denver, Omaha, Nashville, Atlanta, Austin dan Dallas, dan cukup mempengaruhi ratusan ribu konsumen untuk berbelanja produk berlabel (RED)TM. Pada Hari AIDS Sedunia, (RED)TM adalah website yang paling di di-Google-ing.

Tayangan berbagai media cukup mencengangkan

Lebih dari 3.000 media senilai 1,5 miliar media tayang, hasil keuntungan dari penjualan produk berlabel (RED)TM mencapai $ 20 juta dan diserahkan ke The Global Fund, empat kali lebih banyak daripada kontribusi pihak swasta dalam empat tahun terakhir.

Salah satu dari tiga target (RED)TM adalah kesadaran akan merek dan mengetahui apa itu. Sebagian besar konsumen (7 dari 10 target sasar (RED)TM) mengatakan mereka akan mencari produk (RED)TM . Brand (RED)TM dipandang sebagai sebuah merek yang “innovative,” “optimistic,” dan “empowering.”

Pernahkah anda terfikir melakukan hal yang sama?

0 comments: