Petenis terkenal dunia Andre Agassi pernah berkata, “Image” adalah segalanya. Terlihat seperti sebuah slogan iklan memang namun Agassi ada benarnya bahwa citra yang baik akan menuntun sebuah institusi menuju tingkat tertinggi dalam dunia pendidikan. Artikel ini membahas bagaimana kesuksesan Longwood University mereposisi mereknya.
Terlebih dahulu Longwood
Dahulu Longwood
Meskipun begitu banyak prestasi dan kemajuan yang dilakukan namun
Bagaimana upaya
Dengan menggunakan basis penelitian pemasaran dan public relations,
Dari hasil survei dihasilkan berbagai temuan yang menunjukkan kekuatan Longwood : lebih dari 85% mahasiswa Longwood akan merekomendasikan universitasnya untuk temannya dan mahasiswa memuji pendidikan yang sangat baik karena jumlah mahasiswa sedikt dalam satu kelas serta komitmen pengajarnya yang tinggi. Hasil riset juga mengungkapkan bahwa birokrasi di Longwood tidak complicated, kampus yang aman dan hubungan yang erat antar mahasiwa. Sebaliknya, penelitian ini menemukan fakta bahwa Longwood tidak berkarakter yang dianggap paling penting ketika memilih perguruan tinggi, seperti reputasi akademik yang kuat dan program akademik yang spesifik. Ini memiliki dampak negatif pada upaya penerimaan universitas.
Kampanye pemasaran Longwood memilih tema “Discover the Power in You” (Temukan kekuatan dalam diri Anda), yang muncul begitu saja dari hasil penelitian, ini mencerminkan kekuatan yang dimiliki Longwood. Longwood fokus dengan memperluasan pasar di daerah
Kegiatan besar Longwood adalah memperkenalkan tema utama kampanye “Discover the Power in You” kepada media, termasuk program penerimaan mahasiswa, situs Web dan iklan radio. Kegiatan ini untuk meningkatkan awareness
Logo Lancer baru ini merupakan bagian
dari rencana pemasaran baru yang komprehensif
Berbagai kegiatan promosi dilakukan :
- Penerimaan mahasiswa baru melalui website www.whylongwood.com, adalah “microsite” pertama yang dilakukan ke dalam layanan sebuah universitas di Virginia. Microsite diluar website resmi rupanya cukup efektif dan felksibel untuk berkomunikasi dengan pesan-pesan kunci kepada khalayak sasaran tertentu. Situs resmi www.longwood.edu sangat cocok jika berkomunikasi langsung dengan siswa sekolah menengah dan dirancang sedemikian rupa untuk berkomunikasi langsung kepada mereka dengan bentuk tampilan dan nuansa yang disesuaikan. Microsite www.whyLongwood.com memenangkan Excellence Award di bulan Januari 2006 dari Council for Advancement and Support of Education dan video profile Longwood University memenangkan penghargaan Grand Award pada Februari 2007.
- Mendesain berbagai kegiatan kampanye yang sesuai dengan tema “Discover the Power in You” dan key message yang tepat, merevisi prosedur penerimaan, campus opens/tours dan training. Desain dan sistem penerimaan Longwood meraih beberapa penghargaan dari Virginia PRSA Award.
- Mengembangkan kegiatan komunikasi lewat radio, cetak hingga billboard dan konsisten pada tema “Discover the Power in You”. Iklan dilakukan untuk menyasar calon mahasiswa dan orang prospektif untuk mengunjungi website www.whylongwood.com dan mengunjungi Longwood Opens House. Iklan radio longwood bahkan meraih Gold Award dari Admission Marketing dua tahun berturut-turut.
- Kegiatan media relations gencar dilakukan.
- Kegiatan olah raga atletik Lancers didesain ulang untuk membangun kebanggan pada Longwood.
- Longwood membangun program pascasarjana melalui pendekatan dan strategi baru.
Longwood University telah berubah menjadi universitas kelas dunia dan berhasil masuk dalam America's Best Colleges 2006 menurut versi US News & World Report di peringkat #11 dan peringkat #1 universitas negeri di wilayah selatan untuk gelar master. Terjadi peningkatan kunjungan ke www.WhyLongwood.com hingga 185%, peningkatan jumlah pengunjung pada musim panas ke kampus hingga 32%, peningkatan penerimaan aplikasi hingga 14%, peningkatan hingga double digit dibanding universitas negeri sekolah di tahun 2006.
Dengan strategi barunya, secara nasional USA Today menempatkani Longwood University sebagai salah satu dari 20 college dan universitas di Amerika yang mampu mendorong keberhasilan mahasiswa. Pembedaan ini didasarkan pada sebuah survei dalam National Survey of Student Engagement dari tahun 2000 hingga 2006. Apa yang membuat Longwood tersebut berbeda, para peneliti mengatakan bahwa faktor-faktor seperti kualitas akademik mahasiswa sangat diperhitungkan, institusi telah melahirkan lulusan di atas rata-rata dan melakukan pekerjaan luar biasa dengan melibatkan mahasiswa dalam tumbuh kembangnya pendidikan mereka. Institusi ini berhasil berbagi dengan mahasiswanya, teguh, fokus pada proses pembelajaran mahasiswa serta menciptakan lingkungan yang membantu keberhasilan mahasiswa.
Inginkah Institusi anda berhasil mereposisi mereknya seperti yang dilakukan Longwood University ? Saya percaya anda pasti bisa.Selamat bekerja !
0 comments:
Posting Komentar